Senin, 03 Desember 2012

ILMU BUDAYA DASAR

 CONTOH KASUS MANUSIA DAN PENDERITAAN (PENDERITAAN SEORANG REMAJA)
Ketika di umur-umur yang seharusnya merasakan kebahagiaan akan kehidupan bersekolah, berteman dengan teman-teman yang sebayanya, bunga harus merasakan penderitaan yang sangat menyiksa batin dan jiwanya. Anak berumur 16 tahun itu dipaksa oleh ayahnya untuk menemani para lelaki hidung belang. Berawal dari tidakan seorang ayah yang kurang bertanggung jawab atas predikatnya sebagai seorang kepala rumah tangga. Karena diPHK dari tempat kerjanya sang ayah menjadi ugal-ugalan dan menjadi seorang lelaki yang sering mabuk-mabukkan dan berjudi sehingga akhirnya si ayah harus meminjam uangnya pada semua orang. Karena merasa binggung untuk membayar seluruh utang-utangngnya si ayah menyuruh anaknya yang bernama bunga untuk menjual dirinya kepada segenap lelaki yang tidak sangat mencerminkan sikap seorang lelaki yang bermoral.
Bisa dibayangkan seorang gadis belia yang seharusnya merasakan indahnya menjadi seorang perempuan yang mempunyai lingkungan yang meyenangkan dan seharusnya mendapatkan kasih sayang dari seorang ayah tidak bisa dirasakan oleh bunga. Setiap perempuan yang sebaya dengan bunga pasti tidak akan mau merasakan hal yang sama dengan bunga karena harus menahan atau menanggung hal yang tidak menyenangkan dan seharusnya tidak dirasakan pada anak seumur bunga. Penderitaan yang dirasakan bunga ini bisa membuat dia menjadi frustasi dan menjadi pribadi yang tertutup untuk orang-orang sekitarnya. Hal ini akan membuat dari si pribadinya yang pernah merasakan hal ini menjadi terkena beberapa masalah kejiwaan. Dan jika sipribadi yang merasakan ini merasa tidak mampu lagi untuk menahan penderitaan ini, salah satu kemungkinan terburuk untuk hidupnya adalah ia akan mengalami gangguan kejiwaan.
Akan tetapi, semua dampak terburuk tersebut dapat diupayakan. Banyak hal upaya yang dapat dibuat, tetapi semua upaya bisa dijalankan jika dari pribadi masing-masingnya dapat dijalankan dengan baik dan benar. Salah satu upaya yang dapat dicegah untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk itu adalah memelihara kesehatan agama, jiwa dan semangat hidup. Upaya selanjutnya adalah melatih berfikir wajar, menghindari pikiran-pikiran yang negatife dan berusaha memecahkan masalah yang timbul dengan jalan yang positife dan benar. Jika sang ayah dan bunga mau merubah pola pikirnya diharapkan kemungkinan-kemungkinan terburuk yang telah dijabarkan tadi tidak akan terjadi pada kehidupan bunga yang masih mempunyai kehidupan yang masih panjang.

 CONTOH KASUS MANUSIA DAN KEINDAHAN (KEINDAHAN BATIK)
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Indonesia memiliki banyak keistimewaan didalamnya, hal ini dapat terlihat dari beberapa keindahannya dari segala bentuk seni, kebudayaan dan tata adat yang ada. Indonesia merupakan Negara yang indah karena terdiri dari pulau-pulau yang ada dan ini membuat Indonesia menjadi Negara yang memiliki ciri khas yang berbeda dari Negara-negara yang lainnya. Salah satu daya tarik yang dimiliki Indonesia adalah Batik yang merupakan salah satu kebanggan rakyat Indonesia Karena bentuknya yang indah yang terdiri dari suatu seni lukis yang dibuat oleh tangan manusia dengan pengerjaan yang begitu rumit untuk dibuat menjadi daya tarik bagi rakyat Indonesia dan warga luar Indonesia.
Beberapa waktu yang lalu telah ada masalah yang dibuat oleh Negara tetangga kita yang membajak kepunyaan dari rakyat Indonesia. Karena batik merupakan hasil karya dan buah kreasi yang indah buatan rakyat Indonesia. Jadi, tidaklah salah jika warga Indonesia yang telah susah payah membuatnya marah dan kecewa atas tingkah laku warga Malaysia yang membajak dan menetapkan bahwa batik merupakan karya seni dari Malaysia. Tindakan yang kurang terpuji yang dilakukan Malaysia ini sangat amat membuat rakyat Indonesia cemas dan gundah gulana. Keindahan dan keunikan yang ada pada batik membuat banyak orang yang merasa batik kepunyaannya. Ini menunjukkan bahwa keindahan bisa membuat keirian dan ingin memiliki dari setiap orang. Sikap seperti ini seharusnya dapat dicegah dan dihindari demi kehidupan yang harmonis dan saling menghormati dari setiap manusia.
Karena Negara Indonesia memegang prinsip demokrasi dan bebas untuk berpendapat dan mengeluarkan aspirasi dan pendapatnya. Indonesia mengajukan kepada UNESCO untuk menetapkan batik sebagai hak milik dan mengajukan batik sebagai warisan kepunyaan Indonesia yang tidak akan bisa dimiliki oleh Negara lain. Dengan berita yang baik UNESCO pun menetapkan pada Indonesia dan Negara lainnya bahwa batik adalah milik Negara Indonesia. Mendengar berita yang baik dan menyenangkan hati ini rakyat Indonesia dan para pekerja batikpun menyambut dengan bahagia dan senang atas penetapan tersebut. Salah satu tugas kita untuk sekarang ini adalah menjaga batik itu sendiri dan memakainya. Karna kalau bukan kita yang melestarikan batik siapa lagi yang akan melestarikannya untuk anak cucu kita kedepannya. Keindahan batik membuat Indonesia menjadi dikenal oleh warga luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar